Main Game Android Berat Tanpa Lag? Cobalah Cara Ini!



Hapus Aplikasi Bloatware

Aplikasi bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah terpasang semenjak sebuah smartphone android baru dipasarkan. Namun sayangnya, aplikasi bloatware tak memiliki fungsi lebih pada setiap perangkat smartphone. Bukan hanya itu, aplikasi bawaan dapat memperberat penyimpanan internal juga memenuhi memori RAM yang dapat menurunkan kinerja smartphone kamu atau sering disebut dengan "lag". Akan tetapi, beberapa bawaan ini dapat dicopot dari smartphone kamu.


Nonaktifkan Aplikasi Sistem

Jika masih ada aplikasi sitem yang sekiranya tidak kamu gunakan, maka cara yang tepat adalah dengan menonaktifkannya. Ini berfungsi agar aplikasi sistem tidak akan berjalan pada latar belakang dan tentunya dapat memperlancar penggunaan smartphone.


Untuk menonaktifkan aplikasi sistem, tap Pengaturan » Aplikasi » Semua » Pilih aplikasi yang ingin dinon-aktifkan » Tap Nonaktifkan.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hapus Cache

Cache memang bukan berkas sampah yang sepenuhnya tidak dibutuhkan, tapi dalam periode tertentu, sangat bagus bila cache dibersihkan secara berkala. Sebab, seiring waktu, cache akan menumpuk dan bila diakumulasikan dengan jumlah aplikasi dan game, maka kapasitasnya juga semakin besar.


Hapus Unduhan

Ketika kamu mengunduh berkas apapun itu, perangkat akan secara otomatis menyimpan berkas pada folder Download. Dalam banyak kasus, ketika berkas tersebut berupa aplikasi, ia akan terabaikan setelah terpasang. Untuk itu, cobalah cek folder ini kemudian hapus konten folder jika mendapati berkas yang tersimpan tapi tidak dipergunakan.


Hapus Berkas Sampah

Cara selanjutnya yaitu dengan menghapus berkas sampah. Siapa sangka, ternyata berkas sampah dapat memperburuk kinerja ponsel pintar kamu. Cukup gunakan SHAREit untuk membersihkannya.

Cara membersihkannya: Tap Lokal » Tap Lainnya pada pojok kanan bawah » Tunggu beberapa saat » Tap Bersihkan.


Nama Harga Versi
SHAREit Gratis 4.6.8

Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Jika game yang kamu gunakan bergenre online, tentunya kamu diharuskan memiliki koneksi jaringan yang baik. Nah, pada artikel ini saya akan memberikan sebuah aplikasi versi pro yang dapat kamu unduh pada link dibawah ini.


Nama Harga Versi
Signal Guard Pro Rp66.296,- 4.4.0

Itu dia beberapa tips mengatasi lag sekaligus melegakan memori internal smartphone Android yang bisa dicoba. Semoga tips diatas dapat bermanfaat.